Minggu, 10 Mei 2015

Ketahanan Nasional (Pendidikan Kewiraan dan Kewarganegaraan)

KETAHANAN NASIONAL
(ALIRAN SESAT)

Pengertian ketahanan nasional adalah kondisi dinamika, yaitu suatu bangsa yang berisi keuletan dan ketangguhan yang mampu mengembangkan ketahanan, Kekuatan nasional dalam menghadapi dan mengatasi segala tantangan, hambatan dan ancaman baik yang datang dari dalam maupun dari luar. Juga secara langsung ataupun tidak langsung yang dapat membahayakan integritas, identitas serta kelangsungan hidup bangsa dan negara.
Dalam perjuangan mencapai cita-cita/tujuan nasionalnya bangsa Indonesia tidak terhindar dari berbagai ancaman-ancaman yang kadang-kadang membahayakan keselamatannya. Cara agar dapat menghadapi ancaman-ancaman tersebut, bangsa Indonesia harus memiliki kemampuan, keuletan, dan daya tahan yang dinamakan ketahanan nasional.

Ajaran/aliran sesat, Heresi menurut Oxford English Dictionary, adalah "pandangan atau doktrin teologis atau keagamaan yang dianggap berlawanan atau bertentangan dengan keyakinan, atau sistem keagamaan manapun, yang dianggap ortodoks atau ajaran yang benar. Dalam pengertian ini, ajaran sesat adalah pandangan atau doktrin dalam filsafat, politik, ilmu, seni, dll., yang berbeda dengan apa yang umumnya diakui sebagai yang berwibawa."

Ada Nabi Palsu Sebarkan Ajaran Sesat di Rutan
Metrotvnews.com 03 Desember 2014 03:14 wib, Sangatta:
Guru Bantil, pembawa aliran sesat sempalan , ia warga Kampung Rantau Bemban Sangatta, Kabupaten Kutai Timur, Kalimantan Timur yang mengaku sebagai Nabi utusan Tuhan diduga menyebarkan aliran sesat di dalam rumah tahanan (Rutan) Tenggarong. Ia terjerat pasal penistaan agama dan penipuan sementara.Para pengikut di berikan janji-janji dengan mudah masuk surga dengan hanya membayar zakat yang telah ditentukan nominalnya.para pengikut telah termakan janji-janji oleh guru bantil sehingga sulit dikembalikan ke ajaran islam yang sebagaimana mestinya.

ANALISA :
            Mengapa Aliran Sesat bisa mengancam ketahanan nasional?
Karena aliran sesat dapat merusak dasar moral dari suatu bangsa karena agama adalah dasar dari suatu moral dari individu ataupun kelompok apabila suatu aliran yang telah lama, dapat dipastikan keberadaan dasar sumbernnya dan telah ada sejak dulu maka aliran itu sudah kita pastikan suatu aliran agama yang baik, tetapi apabila aliran sesat dapat menimbulkan perselisihan antara aliran satu dengan yang lainnya karena aliran sesat tidak memiliki dasar yang kuat dan benar pada aliran mereka dan cenderung merusak suatu individu ataupun kelompok.
Dari situlah kita dapat mengetahui mengapa aliran sesat dapat merusak ketahanan nasional.

SUMBER :
id.wikipedia.org/wiki/Ajaran_sesat

0 komentar:

Posting Komentar