Minggu, 12 Oktober 2014

Praktikum Fisika Dasar




L5 Listrik RLC
1.      Efek Transien Rangkaian RC adalahRangkaian Listrik yang tidak dapat dipisahkan dari elemen atau komponen. Yaitu terdiri dari elemen aktif dan pasif atau komponen listrik aktif dan pasif.
2.            Fungsi Kapasitor dalam komponen elektronika adalah sebagai penyimpan muatan listrik, selain fungsi tersebut kapasitor juga dapat digunakan sebagai penyaring frekuensi. Dalam muatan listrik terdapat kapasitas penyimpanan kemampuan kapasitor yang dinamakan Farad dengan simbol “F”. Simbol dari kapasitor sendiri adalah C (kapasitor).
http://3.bp.blogspot.com/_pZyJ9sbvjCU/SXSgwG8UAPI/AAAAAAAAAA8/LgQMzute0tw/s320/untitled.JPG
Add caption
http://abisabrina.files.wordpress.com/2010/07/simbol-kapasitor.jpg
Add caption
3.            Pengertian resistor adalah salah satu komponen elekronika yang berfungsi sebagai penahan arus yang mengalir dalam suatu rangkaian dan berupa terminal dua komponen elektronik yang menghasilkan tegangan pada terminal yang sebanding dengan arus listrik yang melewatinya sesuai dengan hukum Ohm (V = IR).
Fungsi resistor adalah sebagai pengatur dalam membatasi jumlah arus yang mengalir dalam suatu rangkaian.
Resistor pada rangkaian elektronik biasanya digunakan untuk mengurangi tegangan atau mencocokkan level tegangan. Lha kalau nggak pakai resistor, rangkaian nggak bisa bekerja.
4.             Jika diketahui rumus : VC = VCO . e-t/RC , bagaimana cara menetukan nilai konstanta waktu dari rumus tersebut?

perkalian hambatan R dengan kapasitas kapasitor C dinamakan konstanta waktu.
cara menentukan nilai konstanta dari rumus diatas ialah:konstanta waktu = RC -> t=R.C


Proses Pengosongan Kapasitor ( Discharging Capasitor )
5
Add caption
·         — Saat pengosongan kapasitor :
Vc = Vco e -t/RC
◦      Vco     = tegangan mula-mula di kapasitor
◦      e          = nilai euler (2.7182818)
◦      t           = waktu pengosongan
◦      R         = nilai resistor (Ohm)
◦      C         = nilai kapasitor (Farad)
Contoh grafik perbandingan arus dan tegangan saat pengosongan kapasitor
6
Add caption
5.            Konstanta waktu adalah waktu itu akan mengambil untuk perbedaan potensial di seluruh kapasitor (dalam rangkaian RC) untuk meningkatkan ke tingkat yang sama sebagai tegangan yang dikenakan. Tegangan kapasitansi bermuara di rata-rata eksponensial. Tegangan atas kapasitor juga jatuh pada tingkat yang sama.
6.            Rangkaian AC adalah rangkaian yang memiliki arusbolak-balik. Kapasitor dan induktor saat diberi sumber tegangan AC akan memiliki impedansi yang dapat mempengaruhi rangkaian.
                Impedansi adalah perbandingan phasor tegangandan phasor arus.         

3 komentar: