Rabu, 22 Oktober 2014

LAP. FISIKA DASAR



LAP. FISIKA DASAR
M3
1. Perbedaan titik berat dan titik pusat massa pada saat mempunyai massa yang sama??
Bedanya adalah letak titik pusat massa suatu benda tidak dipengaruhi oleh medan gravitasi sehingga letaknya tidak selalu terhimpit dengan letak titik beratnya.
Titik berat memiliki harga yang sama dengan titik pusat massa jika nilai percepatan gravitasi sama dan dengan arah yang sama di setiap titik pada suatu benda.
2. benda berosilasi??
Osilasi adalah variasi periodik terhadap waktu dari suatu hasil pengukuran, contohnya pada ayunan bandul. Osilasi terbagi menjadi 2 yaitu osilasi harmonis sederhana dan osilasi harmonis kompleks. Dalam osilasi harmonis sederhana terdapat gerak harmonis sederhana.
Untuk istilah dalam hasil pengukuran kelistrikan, osilasi dapat disebut flicker atau gangguan yang mengubah bentuk gelombang menjadi rusak/cacat.
3.  syarat supaya benda berada pada keadaan setimbang??
Benda bergerak GLB( Gerak Lurus Beraturan ), maka percepatan sama dengan nol.
Benda berada dalam satu sistem.
 Syarat keseimbangan rotasi
Στ = 0 (sigma torsi [momen gaya] = 0)
 Syarat keseimbangan translasi
ΣF=0
 Seimbang secara translasi dan rotasi.Seimbang secara translasi maksudnya resultan gaya yang bekerja pada benda adalah nol.
 Seimbang secara rotasi, momen gaya yang bekerja pada benda adalah nol.
4. apa yang dimaksud dengan kelembaman suatu benda dan apa bedanya dengan momen kelembaman??
Kelembaman adalah arti harafiah dari inertia. Kelembaman adalah kecenderungan tidak mau bergerak dari posisi awal karena tidak adanya/ tidak mencukupinya dorongan.
inersia atau kelembaman adalah kecenderungan semua benda fisik untuk menolak perubahan terhadap keadaan geraknya,sedangkan Momen inersia (Satuan SI : kg m2) adalah ukuran kelembaman suatu benda untuk berotasi terhadap porosnya.

5. a.Pengertian Titik Berat atau Pusat Gravitasi ??
Suatu benda tegar dianggap tersusun dari banyak partikel karenanya gaya gravitasi bekerja pada tiap-tiap partikel tersebut. Dengan kata lain, setiap partikel mempunyai beratnya masing-masing. Titik berat suatu benda adalah suatu titik pada benda tersebut atau di sekitar benda tersebut di mana berat semua bagian benda terpusat pada titik tersebut.

Apabila suatu benda homogen (kerapatan sebagian benda sama atau benda tersusun dari bahan sejenis) dan bentuk benda simetris (misalnya persegi, persegi panjang, lingkaran) maka titik berat benda berhimpit dengan pusat massa benda yang terletak di tengah-tengah benda tersebut. Untuk segitiga, pusat massa terletak pada 1/3 h, di mana h = tinggi segitiga.
Rumus Titik Berat
Jika bentuk benda simetris dan benda homogen maka titik berat berhimpit dengan pusat massa benda, di mana titik berat dan pusat massa terletak di tengah-tengah benda tersebut. Sebaliknya jika benda homogen tetapi tidak simetris maka posisi titik berat benda dapat ditentukan menggunakan rumus berikut :
Keterangan :
x = titik tengah benda pada sumbu x, y = titik tengah benda pada sumbu y, A = luas benda.
b. Pusat massa adalah ??
lokasi rerata dari semua massa yang ada di dalam suatu sistem. Dalam kasus benda tegar, letak pusat massa adalah tetap dalam hubungannya dengan tubuh benda.
c. pusat osilasi adalah??
Pusat osilasi, disebut juga pusat perkusi, atau "sweet spot", adalah titik di mana suatu impak (pukulan, tumbukan) tegak lurus di titik itu membuat satu titik lain tidak bergerak
d. jari-jari girasi adalah ??
Jari-jari girasi adalah jarak yang menunjukkan distribusi massa (atau area) dari benda tersebut. Pada daerah lingkaran dengan jari-jari tersebut dianggap massa (atau area) terdistribusi secara sama.

0 komentar:

Posting Komentar